Twitter

GLOBAL WARMING

Posted by globalwarning - -

SUHU rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74±0.180C(1.33±0.30F) selama seratus tahun terakhir. Intergovermental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca akibat aktivitas manusia”. Kesimpulan dasar ini dikemukakan oleh 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola hujan. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Penyebab pemanasan global
1. Efek rumah kaca
Efek rumah kaca pertama kali ditemukan oleh Joseph Fourier pada 1824,merupakan sebuah proses dimana atmosfer memanaskan sebuah planet.
Efek rumah kaca terjadi karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfir. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batubara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuh-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya.
Energi yang masuk ke bumi 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer, 25% diserap awan, 45% diabsorbsi permukaan bumi, 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi. Energi yang diabsorbsi dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi infra merah oleh awan dan permukaan bumi.
Namun sebagian besar infra merah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya. Dalam keadaan normal, efek rumah kaca diperlukan, dengan adanya efek rumah kaca perbedaan suhu siang dan malam dibumi tidak terlalu jauh berbeda. Selain gas CO2, yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah sulfur dioksida(SO2), nitrogen (NO) dan nitrogen dioksida(NO2) serta beberapa senyawa organik seperti gas metan (CH4) dan khloro fluoro karbon (CFC).
2. Efek umpan balik
Efek-efek pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik, sebagai contoh
A. Penguapan air. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara hingga tercapainya suatu keseimbangan konsentrasi uap air.
B. Pengaruh awan . Bila dilihat dari bawah, awan akan memantulkan radiasi infra merah balik ke permukaan, sehingga akan meningkatkan efek pemanasan. Sebaliknya bila dilihat dari atas, awan tersebut akan memantulkan sinar matahari dan radiasi infra merah ke angkasa, sehingga meningkatkan efek pendinginan.
C. Hilangnya kemampuan memantulkan cahaya (albedo) oleh es. Ketika temperature global meningkat, es yang berada di kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Bersama melelehnya es, daratan atau air di bawahnya akan terbuka. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es, dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi matahari. Hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak es yang mencair, menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.
3. Variasi matahari
Dampak Pemanasan Global
Menurut perkiraan, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu bumi rata-rata 1-50C.Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5 – 4,50C sekitar tahun 2030. Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan :
a. Cuaca
Para ilmuan memperkirakakan selama pemanasan global, daerah bagian utara dari belahan bumi utara ( Northern Hemisphere) akan memanas lebih dari daerah lain di bumi. Akibatnya, gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil.
b. Pertanian
Orang mungkin beranggapan bahwa bumi yang akan menghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya, tetapi hal ini tidak sama di beberapa tempat. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapat menderita jika snowpack ( kumpulan salju ) musim dingin, yang berfungsi sebagai reservoir alami mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.
c. Hewan dan tumbuhan
Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk berimigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan atau mungkin juga mengalami kepunahan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi hangat.
d. Kesehatan manusia
Perubahan cuaca dan lautan dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang berhubungan dengan panas (heat stroke) dan kematian, kelaparan dan malnutrisi, penyakit yang berhubungan dengan bencana alam seperti,diare, malnutrisi, trauma psikologis, penyakit kulit, dan lain-lain.
Dari semua dampak pemanasan global,apakah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi efek pemanasan global? Marilah kita lindungi bumi kita demi masa depan generasi penerus kita dimasa datang dengan cara mengurangi penyebab pemanasan global.(Saurma Erni Selvita Silaban,mahasiswa S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat USU)

Leave a Reply