Twitter

GLOBAL WARMING

Posted by globalwarning - -

Cuaca yang tidak menentu akibat terimbas dari adanya global warming (pemanasan global), turut berpengaruh terhadap musim panen padi, jagung, dan sejumlah komoditas lainnya. Dalam rangka hari pangan nasional yang akan datang pemerintah Indonesia menyiapkan sejumlah langkah guna mengantisipasi kerawanan pangan.

Sejumlah langkah yang dilakukan pemerintah Indonesia di antaranya melalui penyediaan badan pusat informasi jagung di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mengatasi ancaman kerawanan pangan.

Sesuai Undang-Undang nomor 7 Tahun 1996, tingkat ketersediaan pangan nasional untuk konsumsi diukur dalam satuan energi dan protein. Di mana pada tahun 2003, tingkat ketersediaan pangan nasional sebesar 3.076 kilo kalori per kapita per hari dan 76,54 gram protein per kapita per hari.

Angka tersbeut telah melebih standar kecukupan energi dan protein yang direkomendasikan widyakarya nasional pangan dan gizi. Meski demikian kecukupan tingkat nasional tersebut tidak menjamin kecukupan konsumsi di tingkat rumah tangga atau individu.(DNI)



Leave a Reply